Rabu, 02 Juli 2008

Jurnal Bioteknologi

Hayati, Maret 2006, hlm. 7-12 Vol. 13, No. 1
ISSN 0854-8587

Respons Fisiologi Crocidolomia pavonana terhadap Fraksi Aktif
Calophyllum soulattri

Physiological Response of Crocidolomia pavonana to the Calophyllum
soulattri Active Fraction

EDY SYAHPUTRA*, DJOKO PRIJONO , DADANG
SYAFRIDA MANUWOTO , LATIFAH KOSIM DARUSMAN

Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura, Jalan A. Yani, Pontianak 78124
Departemen Hama & Penyakit Tumbuhan, Faperta, Institut Pertanian Bogor, Kampus Darmaga, Bogor 16680
Departemen Kimia, FMIPA, Institut Pertanian Bogor, Jalan Raya Pajajaran, Bogor 16144

Diterima 23 Juli 2004/Disetujui 16 Desember 2005

The objective of this study was to evaluate the physiological response of the cabbage head caterpillar Crocidolomia pavonana treated with an active fraction of Calophyllum soulattri bark extract. Extraction of the test plant materials were performed with maceration method using methanol, continued by counter – current distribution separation in ethylacetate and water. Methanol fractionation of C. soulattri was performed by vacuum liquid chromatography and the bioassays were conducted by a leaf – feeding method. The results showed that the dichloromethane fraction of C. soulattri had strong insecticidal activity against C. pavonana larvae with LC of 0, 05 %. Sublethal treatments with the active fraction at LC , LC , and LC reduced the relative growth rate of the fourth instars by 48.9-94.1%. The treatments with the fraction at LC and LC to the fourth instars reduced the activity of invertase and protease enzyme by 20.7-24.1 and 14.4-25.14%, respectively, but increased the activity of trehalase by 26.7-120% as compared with controls.

Key words : Physiological response, Crocidolomia pavonana, Calophyllum soulattri, botanical insecaticide


PENDAHULUAN
Interaksi serangga dengan tumbuhan inangnya dalam proses pemilihan inang melewati lima tahap, yaitu penemuan habitat inang, penemuan inang, pengenalan inang, penerimaan inang, dan kesesuaian inang. Empat tahap pertama berkaitan dengan perilaku serangga sebelum makan, sedangkan tahap terakhir melibatkan proses fisiologi setelah makan dicerna yang akhirnya menentukan kesesuaian pakan tersebut bagi pertumbuhan dan perkembangan serangga (Chapman 1995).
Setelah sampai tahap kesesuaian inang, kualitas pakan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup serangga yang mengonsumsinya. Bila pakan sesuai, serangga akan mengonsumsi makanan tersebut. Sebaliknya, bila pakan tidak sesuai pada saat tidak ada pilihan, maka serangga terpaksa makan sedikit atau tidak makan sama sekali. Selain factor fisik, nilai nutrisi makanan dan kandungan zat racun pada makanan akan menentukan kesesuaian pakan tersebut untuk menunjang berbagai proses fisiologi yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan secara optimal (Chapman 1995).

SYAHPUTRA ET AL Hayati

Gangguan pertumbuhan serangga yang mengonsumsi pakan yang mengandung senyawa aktif tertentu dapat mengakibatkan menurunnya aktivitas enzim-enzim pencernaan yang merombak dan mengabsorbsi nutrisi menjadi zat yang dapat dimanfaatkan tubuh. Beberapa contoh enzim yang terlibat dalam proses pencernaaan serangga ialah protease, lipase, amylase, dan invertase (Chapman 1995). Mimosin (asam b-[N–(3–hidroksi-4–oksipiridi)]-a-amonipropionat), senyawa aktif yang diisolasi dari tanaman Mimosa pudica dan Leucaena leucocephala dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan serangga (Ishaaya et al. 1991). Mimosin menurunkan aktivitas enzim invertase dan amylase yang berperan dalam proses pencernaan serangga Tribolium castaneum ( Ishaaya et al. 1991 ).
Sejumlah parameter kuantitatif dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai kesesuaian pakan. Beberapa diantaranya adalah laju konsumsi relative (LKR), laju pertumbuhan relative (LPR), daya cerna (DC), efisiensi konversi pakan yang dikonsumsi (EKC) (Waldbauer 1968). Wiyantono et al. (2001) melaporkan bahwa fraksi CH Cl ekstrak aseton biji Aglaia harmsiana selain memiliki pengaruh letal, pada dosis 6 mg/larva yang diteteskan pada dorsum larva instar III C. pavonana menurunkan LPR, EKK, EKC berturut – turut sebesar 60,54 dan 61%.
Berbagai tumbuhan telah diketahui pengaruh letalnya terhadap larva C. pavonana, diantaranya tumbuhan Calophyllum soulattri (dayak:musuk, kemusuk). Ekstrak methanol kulit batang C. soulattri memiliki aktivitas insektisida yang kuat terhadap larva C. pavonana dengan LC 0, 15 % (Syahputra et al. 2004a, b). Hingga kini, senyawa aktif kulit batang C. soulattri belum dilaporkan. Syahputra (2005) melaporkan bahwa komponen fraksi aktif kulit batang C. soulattri merupakan kelompok triterpenoid.
Percobaan ini menggunakan larva C. pavonana sebagai serangga uji. Larva tersebut merupakan hama penting pada tanaman Brassicaceae. Percobaan untuk melihat pertumbuhan dan aktivitas enzim pencernaan larva C. pavonana yang mengonsumsi pakan dengan diberi perlakuan sediaan kulit batang C. soulattri belum pernah dilakukan. Pengujian ini bertujuan untuk mengukur (i) parameter kuantitatif pakan, (ii) pertumbuhan larva serta (iii) aktivitas enzim protease, invertase, dan trehalase pada larva Crocidolomia pavonana yang diberi perlakuan fraksi aktif diklorometana kulit batang pada Calophyllum soulattri.

*Penulis untuk korespondensi, Telp. +62-561-710077,
Fax. +62-561-732406, E-mail : e_sitorus_2000@yahoo.com













Vol. 13, 2006 RESPON FISIOLOGI CROCIDOLOMIA PAVONANA

BAHAN DAN METODE
Perbanyakan Serangga Uji. Serangga uji yaitu larva instar II C. pavonana, diperbanyak di Laboratorium Fisiologi dan Toksikologi Serangga, Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT), Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan cara seperti yang diuraikan oleh Prijono (1998). Larva dipelihara dalam wadah plastik (36 x 27 x 8 cm) berventilasi kain kasa dengan pakan daun brokoli segar. Menjelang fase kepompong, larva dipindahkan ke dalam wadah lain yang berisi tanah steril. Menjelang imago, kepompong dipindahkan ke dalam kurungan kasa (diameter 16 cm, tinggi 30 cm). Setelah keluar dari kepompong, imago diberi madu (konsentrasi 10%) yang diserapkan pada kapas. Kelompok telur dipanen setiap hari dan menjelang menetas, kelompok telur dipindahkan kedalam wadah plastic (36 x 27 x 8 cm) yang telah diberi daun brokoli segar.
Tumbuhan Sumber Ekstrak. Bahan tumbuhan uji yang digunakan ialah kulit batang C. soulattri yang diperoleh dari Kecamatan Teluk Melano, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kulit batang yang digunakan dihancurkan dengan blender hingga menjadi serbuk dan diayak menggunakan pengayak kasa berjalinan 1 mm. Serbuk ayakan ditimbang untuk keperluan ekstraksi. Kadar air bahan yang digunakan ialah 13,4%.
Ekstraksi dan Fraksinasi C. soulattri. Serbuk ayakan kulit batang C. soulattri yang telah ditimbang diekstraksi dengan pelarut methanol dengan perbandingan bobot bahan dan pelarut 1:10 (w/v). Bahan direndam dalam methanol selama tidak kurang dari 3 x 24 jam, selanjutnya disaring menggunakan corong dengan alas kertas saring. Pembilasan dilakukan sebanyak 3 X. Cairan hasil penyaringan diuapkan dengan rotary evaporator pada suhu 55 – 60° C dan penghampaan pada tekanan 580-600 mmHg. Ekstrak yang diperoleh dipartisi dalam campuran heksana dan methanol 95 % dalam labu pemisah hingga terbentuk dua lapisan yang berbatas tegas. Fase methanol (lapisan pelarut bagian bawah) yang terbentuk dalam labu pemisah ditampung dan diuapkan pelarutnya. Fraksi methanol yang diperoleh dipartisi lebih lanjut dalam labu pemisah lainnya dalam campuran pelarut etil asetat dan air (1:1). Perbandingan bobot ekstrak dengan campuran pelarut 1:40 (w/v). Fase etil asetat dipisahkan dan diuapkan pelarutnya seperti diatas (Syahputra & Prijono 2006).
Fraksi etil asetat difraksinasi lebih lanjut menggunakan teknik kromotografi vakum cair (KVC) (Coll & Bowden 1986). Fase diam yang digunakan gel silica 40-63 mm dengan fase gerak berturut-turut pelarut heksana, diklorometana, etil asetat, dan methanol. Semua fraksi pelarut diuapkan dan aktivitas insektisida diuji terhadap larva C. pavonana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fraksi heksana dan diklorometana memiliki aktivitas insektisida, sedangkan dua fraksi lainnya tidak aktif. Kedua fraksi aktif tersebut memiliki aktivitas yang setara namun berbeda rendemennya. Rendemen fraksi diklorometana lebih tinggi hasilnya dibandingkan dengan fraksi heksana. Selanjutnya, pada penelitian ini dipilih dan digunakan fraksi diklorometana.
Pengaruh Fraksi Aktif Diklorometana Kulit Batang C. soulattri terhadap Mortalitas Larva C. pavonana. Pengujian aktivitas insektisida dilakukan dengan metode residu pada daun (Prijono et al. 2001). Sediaan diuji pada lima taraf konsentrasi yang diharapkan mengakibatkan kematian serangga uji antara 0-100% yang ditentukan melalui uji pendahuluan. Fraksi dilarutkan dengan aseton pada berbagai konsentrasi yang telah
SYAHPUTRA ET AL Hayati

ditentukan. Larutan fraksi dioleskan secara merata pada setiap permukaan potongan daun brokoli berdiameter 3 cm menggunakan sonde mikro sebanyak 25 ml/permukaan. Setelah pelarut menguap, dua potong daun perlakuan diletakkan pada cawan Petri berdiameter 9 cm yang diberi alas tisu. Selanjutnya, ke dalam setiap cawan Petri dimasukkan 15 larva instar II. Larva control diberi pakan daun yang hanya diolesi aseton. Pakan daun perlakuan diberikan selama 48 jam selanjutnya larva diberi pakan daun tanpa perlakuan hingga mencapai instar IV. Jumlah larva yang mati dan lama perkembangan larva yang bertahan hidup dicatat. Data mortalitas larva diolah dengan analisis probit menggunakan program SAS.
Pengaruh Fraksi Aktif Diklorometana Kulit Batang C. soulattri terhadap Asimilasi Makanan oleh Larva C. pavonana. Pengujian dilakukan pada tiga taraf konsentrasi yang setara dengan LC , LC , LC , yaitu 0.03, 0.05 dan 0.075%. Cara pengujian sama dengan pengujian diatas, namun pada percobaan ini digunakan larva instar IV (± 4 jam setelah ganti kulit). Setiap larva dan potongan daun yang digunakan sebelum dan sesudah pengujian ditimbang bobotnya. Setelah ditimbang, setiap larva dimasukkan ke dalam wadah plastic berventilasi (tinggi dan diameter 5 cm) yang berisi daun yang telah diberi perlakuan. Sebagai factor pengoreksi bobot larva dan daun, sepuluh larva contoh bundaran daun contoh ditimbang secara terpisah dan dikeringkan dalam oven pada suhu 100° C selama 48 jam hingga bobotnya stabil dan selanjutnya dihitung proporsi bobot keringnya. Hasil perkalian nilai proporsi bobot kering larva dengan bobot basah merupakan bobot kering larva awal, sedangkan hasil perkalian nilai proporsi bobot kering daun dengan bobot basahnya merupakan bobot kering daun awal.
Setelah larva mengonsumsi daun pakan perlakuan selama 24 jam, setiap larva, sisa daun pakan, dan kotoran larva dibungkus dan dikeringkan dalam oven pada suhu 100° C selama 48 jam secara terpisah. Setelah kering, larva dan sisa daun pakan serta kotoran larva masing-masing ditimbang kembali untuk mendapatkan bobot kering larva akhir, bobot kering daun akhir, dan bobot kering kotoran. Selanjutnya data bobot larva, daun, dan kotoran tersebut digunakan untuk menghitung LK, LP, DC, EKK, dan EKC berdasarkan metode gravimetri (Waldbauer 1968). Percobaan disusun dalam rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 20 ulangan. Data yang diperoleh dianalisa dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji selang berganda Duncan pada taraf nyata 5%.
Pengaruh Fraksi Aktif Diklorometana Kulit Batang C. soulattri terhadap Aktivitas Enzim Protease, Invertase, dan Trehalase. Sediaan fraksi diuji pada konsentrasi subletal 0.03 dan 0.05% yang setara dengan LC dan LC . Cara pengujian sama seperti percobaaan sebelumnya. Pada percobaan ini digunakan 50 potong bundaran daun perlakuan yang diletakkan dalam wadah plastic berventilasi (panjang 35 cm, lebar 27 cm, tinggi 7 cm) yang diberi alas kertas serap. Selanjutnya ke dalam setiap wadah plastic dimasukkan 250 ekor larva instar IV umur ± 4 jam. Pakan daun perlakuan diberikan selama 30 jam.
Sebagai sumber enzim digunakan homogenat larva utuh. Tubuh larva dibersihkan dari kotorannya dan ditimbang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya digerus dalam aquabides dengan penggerus Teflon (homogenizer) (kapasitas 2 ml). Perbandingan antara bobot larva (mg) dan volume aquabides (ml) adalah 40:1. Untuk mendapatkan 30 ml homogenat yang perlu dilakukan 10-15 kali penggerusan dengan masing-masing penggerusan 1-3 ekor (30-90 mg larva)/ml aquabides. Penggerusan larva dilakukan di atas bongkahan es. Homogenat hasil gerusan disatukan dan disentrifus pada kecepatan 84.000 g
Vol. 13, 2006 RESPON FISIOLOGI CROCIDOLOMIA PAVONANA

selama 15 menit pada suhu 4° C. supernatant dipisahkan dari endapannya dan dipindahkan ke tabung lain untuk disimpan di dalam lemari pendingin dengan suhu minimal -70° C hingga saat dianalisa. Pembuatan homogenat diulang tiga kali.
Analisis protein homogenat dilakukan dengan metode Lowry (Kresze 1988). Kurva standar protein ditentukan dengan mereaksikan langsung substrat bovine serum albumin (BSA) pada lima taraf konsentrasi dengan peraksi tembaga-alkalin. Analisis protein dilakukan dengan menggunakan campuran bahan 0.1 ml setiap homogenat; 0.5 ml H O; 3 ml peraksi tembag-alkalin yang dimasukkan dalam tabung reaksi. Campuran bahan dikocok dengan vorteks, diinkubasi selama 10 menit, selanjutnya ditambahkan 0.15 ml larutan Folin-Ciocalteau, dikocok kembali, dan diinkubasikan selama 30 menit. Absorbansi diukur pada panjang gelombang 500 nm. Pengukuran absorbansi dilakukan secara duplo. Kandungan protein dalam sampel homogenat yang sama digunakan sebagai pengoreksi dalam analisis aktivitas enzim. Kandungan protein dari setiap homogenat yang diberi perlakuan dan control dianalisis dengan sidik ragam dan uji BNT pada taraf nyata 5%.
Analisis aktivitas enzim mengikuti prosedur yang dilakukan Ishaaya et al. (1991). Sebagai sumber enzim adalah homogenat larva yang telah diberi perlakuan. Aktivitas enzim invertase dan trehalase diukur berdasarkan reaksi antara glukosa hasil hidrolisis substrat dan pereaksi asam dinitrosalisilat (ADNS). Analisis aktivitas enzim invertase menggunakan campuran bahan 0.2 ml setiap homogenat; dan 0.2 ml larutan penyangga fosfat 0.2 M pH 5.5 yang diletakkan dalam tabung reaksi. Campuran bahan tersebut diinkubasi pada suhu 37° C selama 60 menit, selanjutnya ditambahkan 1.6 ml pereaksi ADNS yang dilanjutkan dengan proses aktivasi pada suhu 100° C selama 5 menit, setelah itu langsung didinginkan dalam air es. Absorbansi diukur pada panjang gelombang 550 nm. Pengukuran absorbansi dilakukan secara duplo. Analisis aktivitas trehalase dilakukan dengan cara yang sama, substrat trehalosa 4% digunakan sebagai pengganti sukrosa 4%. Aktivitas kedua enzim tersebut dinyatakan sebagai mg glukosa terbentuk/mg protein. Kurva standar glukosa ditentukan dengan mereaksikan langsung glukosa pada beberapa konsentrasi dengan ADNS dan mengukur absorbansinya sehingga diperoleh hubungan regresi antara konsentrasi glukosa & absorbansi.
Aktivitas enzim protease diukur berdasarkan banyaknya tirosin yang dibebaskan oleh substrat. Campuran bahan yang digunakan pada analisis enzim tersebut ialah 0.8 ml substrat kasein 1.5%; 0.6 ml H O; dan 0.2 ml setiap homogenat. Kasein dilarutkan dalam 0.2 M larutan penyangga fosfat pH 6.6 dan sambil dikocok ditambahkan 1 ml (untuk 0.15 g kasein dalam 10 ml buffer fosfat) NaOH 1 M hingga larut. Campuran bahan tersebut diinkubasi pada suhu 37° C selama 60 menit, selanjutnya ditambahkan 0.4 ml asam trikarboksilat (ATK) 15% (w/v) dan disentrifus pada 84.000 g dengan suhu 4° C selama 15 menit. Supernatan yang diperoleh dipisahkan dari endapan yang terbentuk untuk diukur absorbansi pada panjang gelombang 280 nm. Pengukuran absorbansi dilakukan secara duplo, aktivitas enzim dinyatakan sebagai mg tirosin terbentuk/mg protein. Kurva standar tirosin pada beberapa konsentrasi dalam aquabides, selanjutnya ditentukan hubungan regresi antara konsentrasi tirosin dan absorbansi. Aktivitas enzim dari homogenat yang diberi perlakuan dan control dianalisis dengan sidik ragam dan uji BNT pada taraf nyata 5%.



SYAHPUTRA ET AL Hayati

HASIL

Pengaruh Fraksi Aktif Diklorometana Kulit Batang C. soulattri terhadap Mortalitas Larva C. pavonana. Perlakuan fraksi aktif kulit batang C. soulattri pada konsentrasi yang diuji mengakibatkan mortalitas larva instar II maupun II+III C. pavonana yang terpaut konsentrasi (Tabel 1). Pada kisaran fraksi aktif 0.02-0.09% mengakibatkan mortalitas 1.2-87.8% untuk instar II dan 3.5-92.2% untuk instar II+III. Pada penfamatan 1 hari setelah perlakuan (HSP), perlakuan dengan bahan uji telah menyebabkan mortalitas larva. Pada perlakuan konsentrasi 0.09%, mortalitas larva telah mencapai 80%. Pertambahan mortalitas larva tampak pada 2 dan 3 HSP, dan pada hari-hari pengamatan berikutnya sudah tidak terjadi pertambahan mortalitas yang tinggi. Larva yang mati akibat perlakuan dengan sediaan fraksi aktif kulit batang C. soulattri menunjukkan gejala tubuh hitam dan kering. Setelah mengonsumsi daun perlakuan, sebelum mati gerakan larvalamban dan tidak makan daun perlakuan kembali.
Fraksi aktif kulit batang C. soulattri memiliki aktivitas insektisida yang kuat. Fraksi diklorometana memiliki LC terhadap instar II sebesar 0.06% dan terhadap instar II+III sebesar 0.05% sedangkan LC terhadap instar II maupun II+III adalah sebesar 0.1% (Tabel 2). Dengan memperhatikan mortalitas setiap konsentrasi yang diuji untuk menentukan LC dan LC tampak bahwa mortalitas larva instar II tidak berbeda nyata dengan mortalitas instar II+III (P³ 0.05).
Pengaruh Sediaan Kulit Batang C. soulattri terhadap Asimilasi Pakan oleh Larva C. pavonana. Larva instar IV C. pavonana yang mengonsumsi daun brokoli yang diberi perlakuan fraksi aktif C. soulattri menunjukkan pola indeks pemanfaatan pakan yang hampir sama. Perlakuan tersebut menurunkan secara nyata (P < 0.05) LK, LP, LP relativ, serta EKC dan EKK dibandingkan kontrol (Tabel 3). Secara umum, perlakuan bahan uji menurunkan laju pertumbuhan larva instar IV sebesar 48.9-94.1%, sebaliknya DC lebih besar daripada control.
Pengaruh Fraksi Aktif Kulit Batang C. soulattri terhadap Aktivitas Enzim Invertase, Protease, dan Trehalase. Aktivitas enzim invertase dan protease larva instar IV lanjut yang berkembang dari larva instar IV awal yang diberi perlakuan fraksi aktif C. soulattri lebih rendah dibandingkan dengan kontrol (Tabel 4). Pada konsentrasi 0.03 dan 0.05% perlakuan fraksi tersebut, dibandingkan kontrol dapat menurunkan persentase aktivitas enzim invertase sebesar 20.7-24.1% dan aktivitas enzim protease sebesar 14.4-25.1%. berbeda dengan enzim trehalase, perlakuan fraksi aktif C.soulattri meningkatkan aktivitas enzim tersebut. Pada konsentrasi 0.05% perlakuan tersebut meningkatkan aktivitas enzim trehalase sebesar 120% dibandingkan dengan kontrol.









Vol. 13, 2006 RESPON FISIOLOGI CROCIDOLOMIA PAVONANA

PEMBAHASAN

Pola perkembangan mortalitas larva yang tinggi pada awal pengamatan dan relative konstan pada pengamatan berikutnya mengindikasikan bahwa senyawa aktif yang terkandung di dalam fraksi aktif C. soulattri memiliki cara kerja yang relative cepat dalam menimbulkan mortalitas larva. Pernyataan tersebut diperkuat dengan nilai LC dan LC bahan uji antara larva instar II dan II+III yang tidak berbeda nyata. Dengan rendahnya nilai LC ini dapat dikemukakan bahwa senyawa aktif yang terdapat dalam fraksi aktif C. soulattri memiliki aktivitas insektisida yang kuat terhadap larva C. pavonana. Syahputra (2005) melaporkan bahwa fraksi aktif sediaan tersebut bersifat sinergis. Karena aktivitas sinergis ini, untuk tujuan praktis komponen aktif yang terkandung dalam sediaan kulit batang C. soulattri tidak dilanjutkan pemurniannya sehingga penggunaan senyawa murninya dan atau pengembangannya sebagai senyawa model insektisida tidak dapat dilakukan. Komponen fraksi tersebut merupakan kelompok triterpenoid. Selanjutnya, pengembangan sediaan insektisida botani dari kulit batang C. soulattri dilakukan dengan memanfaatkan ekstrak/fraksi aktif. Ekstrak dan fraksi aktif tumbuhan tersebut juga dilaporkan memiliki aktivitas antibakteri (Khan et al. 2002).



























SYAHPUTRA ET AL Hayati

Penurunan LK akibat perlakuan pakan menunjukkan bahwa komponen aktif sediaan tersebut berfungsi sebagai antifeedant primer, yakni penolakan makan oleh serangga akibat sifat langsung komponen aktif sebelum diserap tubuh. Hasil percobaan ini sesuai dengan Syahputra (2005) yang melaporkan bahwa fraksi tersebut memiliki aktivitas penghambatan makan terhadap C. pavonana. Laju pertumbuhan yang menurun apa adanya perbedaan LKR mengindikasikan bahwa senyawa aktif sediaan juga dapat berfungsi sebagai antifeedant sekunder yang mempengaruhi proses makan, pencernaan, dan penyerapan. Hal ini kemungkinan disebabkan komponen aktif kulit batang C. soulattri menekan aktivitas makan larva uji melalui pengaruhnya terhadap system saraf pusat yang mengatur proses makan (Chapman 1995). Penurunan LPR pada perlakuan lebih disebabkan oleh penurunan EKC, dan bukan oleh LKR. Hal ini mengisyaratkan terjadinya peracunan dalam tubuh larva oleh senyawa aktif sediaan setelah pakan dicerna (Waldbauer 1968; Duffey & Stout 1996). EKC yang rendah mengindikasikan rendahnya pakan yang dicerna yang berarti pula terdapat gangguan pada proses pencernaan, misalnya adanya gangguan terhadap enzim-enzim pencernaan serangga.
Semua perlakuan fraksi menurunkan aktivitas enzim invertase dan protease dibandingkan dengan kontrol. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh gangguan terhadap fungsi bagian aktif enzim. Selain itu, kemungkinan juga disebabkan oleh toksisitas intrinsic fraksi aktif yang menyebabkan gangguan terhadap aktivitas sel epitel di saluran pencernaan yang menurunkan sekresi enzim. Ishaaya et al. (1991) menyebutkan bahwa mimosin (asam b-[N-(3-hidroksi-4-oksipiridi)]-a-aminopropionat), senyawa aktif yang diisolasi dari tanaman Mimosa pudica dan Leucaena leucocephala dapat mengganggu enzim pencernaan Tribolium castaneum melalui proses penurunan aktivitas atau sintesis enzim. Sifat gangguan terhadap sel akibat senyawa aktif yang terkandung dalam fraksi diklorometana kulit batang C. soulattri ini tampaknya dapat dijelaskan dengan kumarin yang diisolasi dari kulit batang dan buah Calophyllum dispar yang memiliki aktivitas sitotoksik terhadap sel kanker (Guilet et al. 2001). Gangguan aktivitas kedua enzim tersebut dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan larva hingga larva mati.
Sebagai sumber energi, glukosa diperoleh dari trehalosa dalam hemolimfa serangga yang oleh enzim trehalase dipecah menjadi dua molekul glukosa. Penurunan penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan akibat menurunnya aktivitas invertase mengakibatkan pelepasan enzim trehalase yang cukup tinggi sebagai kompensasi. Dengan demikian, meningkatnya aktivitas enzim trehalase dalam penelitian ini dapat dipahami dengan mengetahui fungsi enzim tersebut di dalam tubuh larva. Rendahnya aktivitas enzim invertase dan protease, yang masing-masing di dalam tubuh serangga memiliki fungsi untuk memecah molekul sukrosa dan protein yang terkandung dalam pakan serangga menyebabkan larva instar IV C. pavonana kurang mendapat pasokan karbohidrat sebagai sumber energi dan protein sebagai zat pembangun tubuh. Rendahnya kadar protein dalam tubuh akibat penurunan aktivitas protease dalam penelitian ini dapat menyebabkan terganggunya fungsi protein dalam tubuh, baik yang bersifat fungsional seperti gangguan pada pembentukan hormone, penyangga racun, dan pengatur pH, maupun yang bersifat structural seperti gangguan pada pembentukan protein integument dan otot.



Vol. 13, 2006 RESPON FISIOLOGI CROCIDOLOMIA PAVONANA

Jika suatu serangga memakan senyawa aktif, sebagai reaksi serangga tertentu yang tidak tahan akan mengalami kematian, sebaliknya serangga yang toleran akan tetap bertahan. Bagi serangga yang tidak tahan terhadap senyawa aktif tersebut, sebelum akhirnya mati serangga dapat tetap bertahan dengan memaksimumkan pemanfaatan sumber energi di dalam tubuhnya. Sebagai konsekuensi dari keadaan ini larva akan mengalami hambatan pertumbuhan dan perkembangan. Serangga yang toleran, melalui system metabolisme senyawa asing dalam tubuh serangga, serangga akan menetralkan atau mendetoksifikasi senyawa aktif menjadi tidak aktif, sehingga serangga dapat beradaptasi dengan senyawa tersebut. Metabolisme senyawa aktif tersebut terdiri dari dua tahap. Tahap pertama melibatkan reaksi oksidasi, hidrolisis, reduksi, dan reaksi enzimatik lain yang menghasilkan senyawa polar. Pada tahap kedua, sebagian hasil reaksi pertama akan diikat oleh senyawa polar tertentu yang terdapat dalam tubuh membentuk konjugat yang larut dalam air. Konjugat ini lalu dikeluarkan dari tubuh bersama-sama dengan kotoran serangga (Matsumura 1985). Proses metabolisme tersebut membutuhkan banyak energi. Energi yang digunakan untuk detoksifikasi diperoleh dari energi yang seharusnya untuk pertumbuhan dan perkembangan serangga. Sebagai akibatnya pertumbuhan serangga akan terganggu. Beberapa jenis serangga dapat beradaptasi dengan senyawa aktif tertentu (Farrar 1989).
Mekanisme penghambatan pertumbuhan dan perkembangan serangga dapat terjadi dengan cara lain. Mimosin sebagai asam amino non protein bertindak sebagai antimetabolit yang dapat mengganti kedudukan suatu asam amino pembentuk protein. Hal itu mengakibatkan struktur protein berubah sehingga tidak dapat digunakan oleh serangga untuk pertumbuhan dan perkembangannya ( Ishaaya et al. 1991). Senyawa aktif azadiraktin dari mamba (Azadirachta indica) dapat berikatan dengan protein pada reseptor protein (Rembold & Puhlmann 1993). Keadaan ini diduga menyebabkan protein tersebut tidak dapat berikatan dengan protein lain sehingga sintesis jenis protein baru tidak terjadi. Hasil pengujian di atas menunjukkan bahwa fraksi diklorometana kulit batang C. soulattri menunjukkan aktivitas insektisida yang kuat terhadap larva C. pavonana. Selain menyebabkan kematian, fraksi tersebut juga menghambat pertumbuhan larva uji. Kematian larva disebabkan oleh adanya gabungan sifat toksisitas instrinsik dan efek antifeedant dari senyawa aktif yang terkandung dalam fraksi aktif diklorometana. Toksisitas instrinsik tersebut dapat menghambat aktivitas makan serangga melalui penekanan saraf pusat yang mengatur aktivitas makan (antifeedant sekunder) selain itu juga menekan aktivitas enzim metabolik, invertase, dan enzim protease. Gangguan di atas secara keseluruhan dapat menghambat pertumbuhan serangga dan akhirnya mengakibatkan kematian serangga (Chapman 1995).


UCAPAN TERIMA KASIH

Penelitian ini dibiayai oleh Penelitian Hibah Bersaing X (2002) kepada Edy Syahputra. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Urai Nuryati atas bantuan pemeliharaan serangga uji.



SYAHPUTRA ET AL Hayati

DAFTAR PUSTAKA

Chapman RF. 1995. Mechanics of food handling by chewing insects. Di dalam : Chapman RF, de Boer G (ed). Regulatory Mechanisms in Insect Feeding. New York : Chapman & Hall. Hal 3-31.

Coll JC, Bowden BF. 1986 The application of vacuum liquid chromatography to the separation of terpene mixtures. J Nat Prod 49 : 934-936.

Duffey SS, Stout MJ. 1996. Antinutritive and toxic component of plant defense against. Arch Insect Biochem Physiol 32 : 3-37.

Farrar RR, Barbour JD, Kennedy GG. 1989. Quantifying food comsumption and growth in insects. Entomol Soc Amer 89 : 593-598.
Guilet D et al. 2001. Novel cytotoxic 4-phenylfuranocoumarins from Calophyllum dispar. J Nat Prod 64 : 563-568.

Tidak ada komentar: