Rabu, 02 Juli 2008

Tugas Bapak Dharsana

Tugas
Evaluasi Proses Hasil Pembelajarn Biologi
Drs. Dharsana Setiawan, M.Si.

Jakarta, 2 Juni 2008

METODE JIGSAW

» Buatlah kelompok diskusi dengan metode jigsaw yang dibagi ke dalam 8 kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 anggota kelompok yang membahas ruang lingkup topik materi berikut dengan sub topik materinya :

Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Biologi
Judul Buku : Sains Biologi SMP Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi
Waktu : 2 X 45 Menit
Jumlah Murid : Empat puluh ( 40 ) orang
Jumlah Kelompok : Delapan ( 8 ) kelompok
Jumlah Anggota : Lima ( 5 ) anggota kelompok
Materi : Dengan satu topik dan sub topiknya

Kelompok 1
Topik : Ciri – ciri Makhluk Hidup
Sub topik : Bergerak, bernapas, makan, iritabilitas, tumbuh, mengeluarkan zat sisa, dan berkembang biak.
Soal : Daun putri malu jika disentuh akan mengatup dan laron terbang mengerumuni nyala lampu. Hal ini menunjukkan bahwa makhluk hidup mampu ….
a. Berkembang biak
b. Iritabilitas*
c. Bernapas
d. Tumbuh
e. Bergerak

Kelompok 2
Topik : Organisasi Kehidupan
Sub topik : Sel, jaringan, organ, system organ, organisme
Soal : Berikut ini adalah skema tingkatan penyusunan tubuh makhluk hidup dengan beberapa tingkatan yaitu ….
a. Tubuh organisme – jaringan – sel – organ – system organ
b. Jaringan – organ – system organ – sel – tubuh organisme
c. System organ – sel – organ – jaringan – tubuh organisme
d. Tubuh organisme – system organ – organ – jaringan – sel
e. Sel – jaringan – organ – system organ – tubuh organisme*

Kelompok 3
Topik : Keanekaragaman Makhluk Hidup
Sub topik : Klasifikasi Makhluk Hidup
Soal : dalam system klasifikasi 5 kingdom, makhluk hidup dikelompokkan menjadi ….
a. Monera, protista, fungi, plantae, animalia*
b. Monera, protista, virus, fungi, plantae
c. Virus, monera, protista, plantae, animalia
d. Virus, monera, fungi, plantae, animalia
e. Fungi, protista, monera, plantae, animalia

Kelompok 4
Topik : Tumbuhan Biji
Sub topik : Tumbuhan Biji Terbuka ( Gymnospermae ) dan Tertutup ( Angiospermae )
Soal : Seorang siswa menemukan tumbuhan yang tidak diketahui namanya. Ciri – cirri tumbuhan tersebut adalah berbatang perdu, berbuku – buku jelas, bertulang daun sejajar, bagian – bagian bunga berjumlah tiga. Dia berkesimpulan tumbuhan tersebut masuk ….
a. Spermatophyta
b. Dikotil
c. Monokotil*
d. Orchidaseae
e. Papilionaceae

Kelompok 5
Topik : Pelestarian Keanekaragaman Hayati
Sub topik : Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Soal : Berikut ini merupakan tempat – tempat perlindungan keanekaragaman hayati yang sangat ketat, orang tidak boleh masuk ke dalam kecuali ada ijin khusus ….
a. Taman Laut
b. Taman nasional
c. Hutan Lindung
d. Cagar Alam*
e. Kebun Raya

Kelompok 6
Topik : Ekosistem
Sub topik : Komponen Penyusun Ekosistem
Soal : Yang merupakan komponen penyusun ekosistem meliputi, kecuali ….
a. Dekomposer*
b. Oksigen dan karbondioksida
c. Air dan tanah
d. Suhu dan kelembapan
e. Cahaya matahari dan ruangan

Kelompok 7
Topik : Saling Ketergantungan
Sub topik : Saling Ketergantungan Antarkomponen Biotik
Soal : Berikut ini adalah contoh bahwa antarkomponen biotic dalam ekosistem terjadi saling ketergantungan, yaitu ….
a. Decomposer yang menguraikan sisa – sisa organisme
b. Hewan jantan memerlukan hewan betina untuk perkawinan*
c. Kacang tanah menyuburkan tanah
d. Jamur membusukkan bangkai hewan
e. Bakteri dan virus menyebabkan penyakit

Kelompok 8
Topik : Pengaruh manusia di dalam ekosistem
Sub topik : Pencemaran Lingkungan
Soal : Hal – hal berikut ini merupakan ruang lingkup dari pencemaran lingkungan, kecuali ….
a. Pencemaran tanah
b. Pencemaran air
c. Pencemaran limbah*
d. Pencemaran udara
e. Pencemaran suara






Tugas Fortofolio Metode Jigsaw


Jenjang Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama ( SMP )
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Biologi
Judul Buku : IPA SMP Untuk Kelas VII KTSP Standar Isi 2006
Waktu : 2 X 45 Menit
Jumlah Murid : Empat puluh dua ( 42 ) orang
Jumlah Kelompok : Tujuh( 7 ) kelompok
Jumlah Anggota : Enam ( 6 ) anggota
Pokok Bahasan : Ciri – ciri Makhluk Hidup


Berbagai jenis makhluk hidup memiliki ciri yang berbeda – beda. Walaupun berbeda – beda, semua makhluk hidup meiliki persamaan ciri yang membedakannya dari benda tak hidup. Makhluk hidup dapat dibedakan dari benda tak hidup karena makhluk hidup memiliki ciri yang tidak dimiliki oleh benda yaitu bergerak, makan, bernapas, iritabilitas, tumbuh, mengeluarkan zat sisa, dan berkembang biak. Semua makhluk hidup dapat hidup bergerak jelas dan dapat berpindah tempat, pada tumbuhan geraknya sangat lamban dan tidak tampak adanya perpindahan tempat. Untuk memperoleh makanan, hewan sangat bergantung pada makhluk hidup lain sedangkan tumbuhan hijau dapat membuat sendiri makanannya. Hewan dilengkapi dengan indra dan pada tumbuhan tidak, keduanya berbeda dalam memberikan respon terhadap rangsangan. Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan mengeluarkan zat sisa.
Hewan, manusia, dan tumbuhan adalah makhluk hidup. Bergerak, makan, bernapas, peka terhadap rangsang, tumbuh, mengeluarkan zat sisa, dan berkembang biak merupakan ciri dari makhluk hidup. Gerakan pada tumbuhan terbatas sedangkan pada hewan dan manusia dapat bergerak bebas dan berpindah tempat. Tumbuhan mampu membuat bahan organic melalui proses fotosintesis dan hewan serta manusia tergantung pada makhluk hidup lain karena tidak mampu membuatnya bahan organic. Tumbuhan dapat hidup terus sampai mati dan pertumbuhan hewan juga manusia terbatas pada usia tertentu. Tumbuhan tidak memiliki indra, hanya bagian tertentu saja yang peka terhadap rangsangan, pada hewan dan manusia memiliki alat indra yang mampu menanggapi rangsangan dengan baik. Makhluk hidup bernapas menghirup gas oksigen dan menghembuskan gas karbondioksida, juga dapat berkembang biak untuk mempertahankan jenisnya.



o Tujuan untuk siswa agar dapat memahami konsep, mampu memecahkan masalah dalam kehidupan di bidang Biologi, menambah wawasan dan pengetahuan di ilmu Biologi, menanamkan konsep – konsep IPA pada siswa, dan lain sebagainya

» Pokok Bahasan dapat dibagi menjadi tujuh sub pokok bahasan yaitu :
1) Bergerak
2) Makan
3) Bernapas
4) Iritabilitas
5) Tumbuh
6) Mengeluarkan zat sisa
7) Berkembang biak

§ Dengan mengetahui pokok dan sub pokok pembahasan dalam satu tema atau judul bertujuan untuk mempermudah pembagian kerja dalam kelompok dan setiap anggotanya harus menguasai materi dan mempertanggungjawabkan secara kelompok

Ø Kelompok lainnya menjadi peserta atau audiens dan diharapkan kerja samanya

v Format Penilaian
Kelompok : 1 s/d 7
Pokok pembahasan : Ciri – ciri makhluk hidup
Hari : Selasa, kamis, jumat sabtu

Nama Penguasaan Cara Cara menjawab
materi menerangkan pertanyaan
















Tugas
Evaluasi Proses Hasil Pembelajarn Biologi
Drs. Dharsana Setiawan, M.Si.

Jakarta, 2 Juni 2008

Test Non Kognitif
( Tes Performence Tipikal Dengan Skala Sikap )


Setelah melakukan pendekatan konsep dan pengamatan langsung terhadap objek gen ( genetika ) yang sudah ditentukan, maka para siswa memperoleh suatu pengalaman belajar yang berupa ….

Tidak Memahami 1 2 3 4 5 Memahami
Tidak Mengenal 1 2 3 4 5 Mengenal
Tidak Memuaskan 1 2 3 4 5 Memuaskan
Tidak Mengetahui 1 2 3 4 5 Mengetahui
Tidak Menarik 1 2 3 4 5 Menarik


2. Setelah melakukan pendekatan konsep dan menerangkan proses – proses yang terjadi di kehidupan sel diperoleh suatu pengalaman belajar bagi siswa yang berupa ….

Tidak Kompeten 1 2 3 4 5 Kompeten
Tidak Perhatian 1 2 3 4 5 Perhatian
Tidak Inisiatif 1 2 3 4 5 Inisiatif
Tidak Kreatif 1 2 3 4 5 Kreatif
Tidak Semangat 1 2 3 4 5 Semangat


3. Setelah melakukan pendekatan konsep dan percobaan mengamati organisasi kehidupan diharapkan siswa memperoleh suatu pengalaman belajar yang berupa ….

Tidak Terampil 1 2 3 4 5 Terampil
Tidak Tegas 1 2 3 4 5 Tegas
Tidak Tanggap 1 2 3 4 5 Tanggap
Tidak Teliti 1 2 3 4 5 Teliti
Tidak Tegang 1 2 3 4 5 Tegang





Tugas
Evaluasi Proses Hasil Pembelajarn Biologi
Drs. Dharsana Setiawan, M.Si.

Jakarta, 2 Juni 2008

Ø Buatlah contoh soal pilihan ganda dengan tingkat kesukaran tinggi yang berhubungan dengan materi Biologi.

Soal Pilihan Ganda Dengan Tingkat Kesukaran Tinggi

1) Berikut ini adalah urutan daur hidup Fasciola hepatica, yaitu … .
a. Metaserkaria ---- serkaria ---- redia ---- cacing dewasa ---- sporokis ---- metaserkaria.
b. Cacing dewasa ---- telur ---- mirasidium ---- sporokis ---- redia ---- serkaria ---- kista ---- cacing dewasa.*
c. Kista ---- telur ---- mirasidium ---- sporokis ---- serkaria ---- redia ---- cacing dewasa ---- kista.
d. Cacing dewasa ---- telur ---- sporokis ---- mirasidium ---- redia ---- serkaria ---- kista ---- cacing dewasa.
e. Kista ---- cacing dewasa ---- telur ---- mirasidium ---- sporokis ---- redia ---- serkaria ---- kista.

2) Buta warna terpaut pada kromosom X. Bila seorang ibu normal menikah dengan bapak buta warna, maka persentase anak yang normal adalah … .
a. 0%
b. 25%
c. 50%*
d. 75%
e. 100%

3) Seorang pria yang bergolongan darah AB menikah dengan wanita yang bergolongan darah O, maka kemungkinan anak pertama yang lahir bergolongan darah … .
a. O
b. AB
c. B
d. A*
e. Tidak tahu





Tugas
Evaluasi Proses Hasil Pembelajarn Biologi
Drs. Dharsana Setiawan, M.Si.


Jakarta, 2 Juni 2008
Contoh afeksi I
Variabel
Dimensi
Indikator
Pertanyaan
s
s
s
n
t
s
s
t
s
Keinginan yang tinggi untuk belajar biologi
Verbal
Informasi




Bertanya



Berceritera





Diskusi/debat
Bila ada kesempatan, saya senang menginformasikan hal-hal terkait dengan biologi kepada orang lain.

Saya senana bertanya kepada guru tentang hal biologi yang tidak dimengerti

Saya senang bercerita kepada teman – teman tentang materi ilmu Biologi dan pengalaman belajar yang saya dapat selama ini

Saya senang mengadakan diskusi/debat dengan siswa lain yang dibentuk secara kelompok dikelas










Contoh afeksi II
Variabel
Dimensi
Indikator
Pertanyaan
s
s
s
n
t
s
s
t
s
Keinginan yang tinggi untuk belajar biologi
Non Verbal
Membaca




Mendengar



Menonton



Bercita-cita
Bila ada kesempatan, saya selalu menyempatkan diri membaca / membuka internet tentang buku / situs biologi

Saya senang mendengarkan setiap kali guru Biologi memberikan materinya

Saya senang menonton acara – acara televisi yang menayangkan tentang IPA khususnya Biologi.

Saya bercita – cita ingin mempunyai ilmu IPA khususnya Biologi yang banyak karena saya menyenanginya dan akan saya berikan kepada peserta didik












Pembobotan soal yang berbeda bobot kesulitannya

Bagaimana menskor tes dengan bentuk soal berbeda ?
Jumlah soal 50
45 soal bentuk PG ( no 1-45 )
5 soal bentuk uraian ( no 46-50 )
Soal no 1-25 bobot 1 → si A benar 20
Soal no 26-45 bobot 2 → si A benar 15
Setiap soal uraian bobotnya 3 → si A benar 3
Berapa skor si A ?
Berapa nilai si A ?
Jawab :

Skor si A : ( 20 x 1 ) + ( 15 x 2 ) + ( 3 x 3 ) x 100 = 59 = 73.75
( 25 x 1 ) + ( 20 x 2 ) + ( 5 x 3 ) 80

Berdasarkan standar nilai 73.75 artinya nilai si A
Berdasarkan KKM si A → Kompeten

Tidak ada komentar: