Sabtu, 19 Juli 2008

tugas spesifikasi

Spesifikasi Tes Ulangan Akhir Mata Pelajaran Biologi Kelas/Program XII/IPA Semester 1

Standar Kompetensi: : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
PG
UR
KETERANGAN

1.1 Merenca-nakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Merencanakan percobaan pertumbuhan.
o Pertumbuhan dan perkembangan
Meliputi perubahan kuantitatif dan kualitatif yang irreversibel yang dimulai dengan pembelahan sel, pemanjangan dan diferensiasi.
o Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, meliputi faktor dalam,seperti gen, hormon dan faktor luar, seperti nutrisi, cahaya, suhu, gravitasi dll.
o Merancang percobaan
Membuat usulan rancangan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dengan 1-2 variabel. Usulan berisikan rumusan masalah, menentukan hipotesis, menentukan variabel,, melakukan studi literatur, menentukan parameter, menentukan alat dan bahan yang digunakan.



· Menjelaskan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
· Membedakan ciri-ciri tumbuh dan berkembang.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

· Menjelaskan dampak kekurangan/kelebihan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.
· Menjelaskan variabel-variabel faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.



· Menentukan variabel yang berpengaruh dan variabel bebas terhadap percobaan yang dirancang.
· Menjelaskan cara kerja/ fungsi alat yang digunakan untuk melakukan percobaan yang akan dibuat.

· Menuliskan rancangan percobaan yang direncanakan.



1

2

3



4



5





6



7




8





TK Rendah

TK Rendah

TK Rendah



TK Sedang



TK Sedang





TK Sedang



TK Tinggi




TK Sedang


1.2 Me-laksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

Melaksanakan percobaan pertumbuhan.
o Pertumbuhan primer.
Aktivitas tumbuh memanjang yang dialami oleh jaringan meristem di daerah apikal akar dan batang.
o Pertumbuhan sekunder.
Aktivitas tumbuh membesar/melebar yang dialami jaringan xilem pada tumbuhan dikotil.
o Melakukan percobaan dan pengolahan data hasil eksperimen.
Melaksanakan percobaan sesuai dengan rancangan, pengambilan data, pengolahan data hasil eksperimen, dan menarik kesimpulan.

§ Menjelaskan pengertian pertumbuhan primer/sekunder.
§ Membedakan ciri-ciri pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
§ Menggambarkan struktur jaringan yang mengalami pertumbuhan primer/sekunder.
§ Menjelaskan akibat adanya pertumbuhan primer/sekunder.
§ Mengidentifikasi susunan jaringan yang mengalami pertumbuhan primer/sekunder.
§ Melakukan pengamatan atas percobaan yang dibuat.
§ Menghimpun data percobaan.
§ Menganalisis data hasil percobaan

9

10


11


12

13


14

15
16







TK Rendah

TK Sedang


TK Sedang


TK Rendah

TK Rendah


TK Sedang

TK Sedang
TK Tinggi

1.3 Meng-komunikasi-kan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Mengkomunikasikan hasil percobaan.
o Pengaruh interaksi faktor internal dan eksternal pada pertumbuhan.


Faktor internal berupa hormon, gen menentukan sifat tumbuh tumbuhan yang amat dipengaruhi oleh faktor luar, seperti kelembaban, cahaya, temperatur, kadar garam dsb

o Mengkomunikasikan hasil percobaan.
Hasil eksperimen dapat dikomunikasikan dengan berbagai cara, seperti presentasi kelompok, seminar, laporan tertulis, pameran display hasil -hasil eksperimen, dsb



· Menjelaskan faktor-faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan.


· Membedakan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pertumbuhan.





· Menjelaskan keterkaitan antara faktor internal dan eksternal pada pertumbuhan.
· Melakukan seminar hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.




17




18







19


20








TK Sedang




TK Sedang







TK Sedang


TK Rendah























Standar Kompetensi: : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
PG
UR
KETERANGAN

2.1 Men-deskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme











Metabolisme.
o Kerja/ fungsi enzim.
Enzim berperan dalam reaksi biokimia di dalam sel sebagai biokatalisator dan bekerja secara spesifik.
o Sifat dan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
Enzim bekerja pada suatu substrat yang bekerja spesifik, dan dipengaruhi oleh suhu, pH, konsentrasi substrat/enzim, dll


· Menjelaskan pengertian metabolisme.
· Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

· Menceritakan kembali cara menguji kerja enzim.
· Menjelaskan fungsi enzim dalam metabolisme.
· Mengidentifikasi ciri-ciri enzim.



21

22



23

24

25







TK Rendah

TK Rendah



TK Sedang

TK Sedang

TK Rendah





2.2 Men-deskripsikan proses kata-bolisme dan anabolisme karbohidrat.



Katabolisme dan Anabolisme.
o Respirasi sel.
Respirasi terdiri dari 3 tahapan, yaitu: glikolisis, daur Krebs, dan transfer elektron. Respirasi aerob melibatkan oksigen sebagai penerima hidrogen, respirasi anaerob melibatkan senyawa tertentu, seperti asam piruvat, asetilaldehid dll., sebagai penerima hidrogen.




§ Menjelaskan tahapan proses respirasi sel.
§ Menjelaskan tempat terjadinya setiap tahapan respirasi sel.
§ Mengidentidikasi enzim–enzim yang berperan dalam respirasi sel.
§ Menghitung jumlah energi yang diperoleh dalam respirasi aerob dan anaerob.
§ Merakit alat pengamatan fermentasi gula.
§ Menjelaskan cara melakukan pengamatan fermentasi gula.
§ Menjelaskan hasil yang diperoleh dari respirasi aerob dan anaerob

26

27

28


29


30

31

32



TK Tinggi

TK Sedang

TK Rendah


TK Tinggi


TK Tinggi

TK Sedang

TK Sedang




o Fotosintesa.
Terjadi pada kloroplas dalam 2 tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.


· Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan fotosintesis dan hasilnya.
· Membuktikan bahwa fotosintesa menghasilkan amilum.
· Menjelaskan tahapan reaksi fotosintesa; reaksi terang dan reaksi gelap pada C3-C4.
· Menemukan tempat terjadinya reaksi terang dan reaksi gelap dan hasilnya

33


34


35


36




TK Rendah


TK Sedang


TK Tinggi


TK Tinggi


o KemosintesisTerjadi pada beberapa jenis bakteri yang menggunakan energi dari hasil reaksi kimia anorganik sederhana

§ Menemukan bakteri yang melakukan kemosintesa karbohidrat/senyawa kimia lain.
§ Menemukan hasil-hasil kegiatan kemosintesa yang dilakukan

37



38


TK Tinggi



TK Sedang
Standar Kompetensi: : 3. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Indikator
PG
UR
KETERANGAN

3.1 Men-jelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom.



DNA, gen dan kromosom
o Struktur, sifat, fungsi DNA, gen dan kromosom.
DNA terdiri dari rangkaian nukleotida yang terpilin menurut model struktur substansi genetik Watson dan Crick. Nukleotida terdiri atas molekul deoksiribosa, basa nitrogen, dan posfat. Gen, substansi hereditas yang mengandung senyawa kimia penentu sifat individu. Kromosom membawa sifat individu. Setiap individu memiliki jumlah kromosom tertentu.
o Struktur , sifat dan fungsi RNA.
RNA merupakan rangkaian tunggal nukleotida yang dibentuk oleh molekul gula ribosa, basa nitrogen dan fosfat. Berperan dalam sintesa protein.




· Membedakan gen, DNA dan kromosom.
· Menjelaskan fungsi gen, DNA dan Kromosom.
· Mendeskripsikan struktur heliks DNA serta sifat dan fungsinya.












· Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA.
· Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom.




39

40

41














42

43









TK Sedang

TK Sedang

TK Sedang














TK Sedang

TK Sedang

3.2 Men-jelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida dan sintesis protein


Sintesis Protein
o Hubungan DNA-RNA-Polipeptida
Transkripsi DNA akan membentuk RNA, RNA membawa pesan DNA untuk memilih polipeptida yang sesuai dalam sintesa protein.
o Sintesis Protein
Sintesis protein beralangsung melalui tahapan trankripsi, translasi yang melibaatkan DNA-RNA-polipeptida dan berbagai enzim.
o Kode genetika
Kode-kode genetik berupa urutan basa nitrogen 4 macam yang dapat menyusun variasi membentuk 20 macam asam amino.

§ Menjelaskan hubungan DNA-RNA-polipeptida.
§ Mengurutkan proses tahapan sintesis protein.





§ Menjelaskan proses replikasi dan transkripsi DNA.





§ Menjelaskan proses penyampaian kode genetika.
§ Menjelaskan peran dan bagian-bagian yang terlibat dalam sintesis protein.
§ Menemukan macam-macam kode genetik.
§ Menyebutkan kelainan-kelainan yang pada kode genetika

44

45










46






47

48


49

50


TK Sedang

TK Rendah






TK Tinggi






TK Tinggi

TK Sedang


TK Sedang

TK Sedang
Skor Max PG = Jumlah Soal PG x Bobot Soal Skor Max UR = Jumlah Soal UR x Bobot Soal
= 45 x 2 = 5 x 2
= 90 = 10
Jumlah Skor Max Diperoleh = Jumlah Skor Max PG + Jumlah Skor Max UR
= 90 + 10
= 100

Tidak ada komentar: